Cara Mengatasi Koneksi Internet Yang Tidak Bisa Digunakan Windows 10 - Rachtyy

Memberikan Artikel Bermanfaat

Latest Update
Fetching data...

Tuesday, March 26, 2019

Cara Mengatasi Koneksi Internet Yang Tidak Bisa Digunakan Windows 10

Oke kali ini saya akan membagikan cara mengatasi internet yang tidak bisa digunakan pada windows 10. Kenapa kok windows 10? Karena si penulisnya menggunakan windows 10, hehe… tapi mungkin saja cara juga bisa digunakan pada windows 7, 8 dan 8.1 karena sisetm pada keempat windows ini hampir sama. Tanpa basa-basi simak artikel berikut.

Tahap 1. Mengubah TCP/IPv4

Tahap ini bertujuan untuk mengubah TCP/IPv4 yang sengaja/tidak sengaja diubah karena biasa saat setelah menginstall aplikasi TCP/IPv4 secara otomatis terubah, atau biasanya anda lupa telah mengisi TCP/IPv4 tersebut.

1. Pertama-tama search sebuah settings yang bernama control panel, kemudian carilah sebuah menu yang bernama Network and Sharing Center seperti contoh gambar dibawah ini :

2. Kemudian tekan menu Change adapter settings yang berada di bagian kiri menu

3. Lalu pilih  dan klik kanan pada adapter yang bertulikan Wi-Fi. Karena yang akan kita ubah adalah TCP/IPv4 pada adapter wifi. Setelah kamu klik kanan pada adapter Wi-Fi kemudian pilih menu bertuliskan Properties

4. Lalu kamu akan melihat banyak sekali pilihan di menu Wi-Fi Properties, klik saja menu yang bertuliskan Internet Protocol Version 4 atau disebut juga (TCP/IPv4)

5. Nah, jika kamu menemukan sebuah angka seperti gambar berikut kamu jangan panik

Cukup klik Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically maka nomor yang ada pada menu TCP/IPv4 tersebut akan hilang. Jangan lupa klik OK.

Tahap 2. Network Reset

Tahap ini bertujuan untuk mereset setting network atau mengembalikannya pada setting default pada saat pertama kali menginstall windows 10.

1. Pertama-tama masuk ke settings milik windows 10, kemudian pilih menu Network & Internet seperti gambar di bawah


2. Kemudian klik Status pada menu di sebelah kiri

3. Kemudian cari Network Reset di bagian bawah menu Change Your Network

4. Kemudian akan mucul tombol Reset Now, klik tombol tersebut

Lalu akan mucul pop-up yang memberitahukan laptop anda akan dimatikan 5 menit lagi, boleh kamu tunggu atau langsung saja mau restart laptop kamu. Dan Wifi pun bisa digunakan kembali.

Kesimpulan

1. Tahap pertama adalah tahap yang wajib di lakukan terlebih dahulu, karena seringkali lupa pernah mengisi IP dan DNS untuk hal-hal lainnya. Makanya tahap pertama seharusnya sudah hapal dan tidak lagi bingung kalau wifinya tidak bisa digunakan pada lain hari.

2. Tahap kedua adalah tahap akhir atau tahap kalau otaku dah mentok tidak bisa memikirkan solusi apa yang harus digunakan saat wifi tidak bisa digunakan.

Untuk penutupnya, saya berterima kasih untuk pada viewers yang sudah membaca artikel ini dan mohon maaf apabila ada kesalahan menulis dan atau penulisaanya kurang baik maupun rapih. Karena saya masih belum mahir menulis sebuah artikel. Tapi saya akan terus berusaha untuk menaikkan skill menulis saya. Terima kasih sekali lagi untuk para viewers, sampai jumpa lagi pada artikel-artikel saya berikutnya.


EmoticonEmoticon